Monday, October 31, 2016

Langkah Langkah Install Windows Xp Plus Gambar

Langkah Langkah Install Windows Xp Plus Gambar


Untuk dapat menggunakan windows XP pertama tentu kita harus menginstall windows XP tersebut. Berikut ini akan dipaparkan langkah demi langkah dalam melakukan instalasi untuk OS komputer tersebut. Dalam langkah install windows xp tersebut akan disertakan juga gambar-gambar untuk memperjelas masing-masing tahap yang dilalui.

Siapa yang tidak tahu windows ini, windows XP adalah suatu sistem pengoperasian (operating system) yang paling banyak dipakai sampai saat ini karena selain kemudahan dalam pemakaiannya Windows XP digunakan sebagai standar pembelajaran yang di pakai oleh sekolahan-sekolahan dan perguruan tinggi pada umumnya. Sekarang ini, selain windows ini sebenarnya sudah ada juga Windows 7 dan juga OS Windows 8 sebagai generasi terbaru.

Untuk melakukan penginstalan windows xp diperlukan ketelitian dan kesabaran, hal tersebut karena dalam proses install waktu yang diperlukan cukup lama. Ada beberapa jenis windows xp diantaranya windows xp professional, Home Edition, Media Center Edition, Tablet PC Edition, Starter Edition, Professional x64 Edition, Professional 64-bit Edition For Itanium. Sobat yang sudah tidak sabar ingin belajar memasang program ini ke komputer masing-masing dapat mengikuti langkah installnya di bawah ini. Berikut langkah-langkah yang mudah dan lengkap cara menginstal windows xp:

  1. Siapkan CD WINDOWS XP
  2. Siapkan CD DRIVER MOTHERBOARD
  3. Atur bios terlebih dahulu agar prioritas bootingnya dimulai dari CD(DVD)-ROM, caranya masuk ke BIOS dengan menekan tombol Del, atau F1, atau juga F2.
  4. Pilih menu Advanced Settings, kemudian carilah ‘Boot Priority’ atau yang sejenis, ubah pengaturanya, agar CDROM jadi urutan yang pertama 
  5. Tunggu beberapa saat sampai muncul tulisan "press any key to boot from CD" 
  6. Tekan ENTER atau sembarang tombol, lalu proses instalasi akan mengecek hardware komputer sobat, kemudian akan muncul tulisan "windows setup" 
  7. File-file di dalam cd akan di load ke dalam komputer, kemudian akan muncul tampilan "welcome to setup" 
  8. Tekan "ENTER" untuk menginstal windows xp, setelah itu akan muncul (End User Licese Aggrement) 
  9. Tekan "F8" kemudian proses instalasi akan mencari dan membaca partisi hardisk sobat, kemudian akan muncul semua partisi hardisk sobat
  10. Tekan "ENTER" untuk langsung menginstal windows, "C" untuk membuat partisi hardisk sobat, kapasitas partisi sesuai dengan kebutuhan sobat, dalam satuan MB, selanjutnya jika sobat membuat partisi dengan menekan tombol "C" 
  11. Kemudian tuliskan kapasitas partisi yang ingin sobat buat, sebagai contoh, misalkan kapasitas hardisk sobat 40 GB, lalu sobat ingin membagi dua, maka tuliskan 20000, jangan 20, karna partisi satuannya MB, tentunya sobat mengerti kan...?? 1GB = 1000 MB
  12. Kemudian tekan "ENTER" 
  13. Setelah itu pilih "format the partition using the NTFS file system (Quick)" atau "format the partition using the NTFS file system (Quick)" lalu tekan "ENTER" 
  14. Kemudian arahkan pointer pada posisi "unpartitioned space", lalu tekan "C" maka akan muncul gambar seperti gambar sebelumnya, dalam hal ini layar yang akan muncul seperti gambar sebelumnya menunjukan sisa partisi yang telah sobat bagi, jika sobat cuma membagi 2 partisi saja maka langsung tekan "ENTER" tapi jika sobat ingin mempartisi lagi sisa hardisknya maka tinggal di bagi lagi aja, seperti langkah-langkah sebelumnya.
  15. Setelah itu pilih partisi yang akan digunakan yaitu C: partition1 [New Raw], biasanya sudah berada di posisi tersebut, maka sobat tinggal menekan "ENTER" saja untuk proses instalasi windows 
  16. Setelah selesai format, kemudian windows akan menyalin file untuk proses instalasi 
  17. Setelah proses penyalinan selesai, secara otomatis komputer akan melakukan restart, dalam hal ini untuk mempercepat proses restart, sobat bisa langsung menekan "ENTER"
  18. Setelah itu akan muncul loading windows 
  19. Selanjutnya proses instalasi windows di mulai 
  20. Proses install sedang berjalan, tunggu sampai muncul layar isian 
  21. Langsung klik "NEXT" 
  22. Kemudian isi nama dan organisasinya, lalu tekan "NEXT" 
  23. Masukan serial number kemudian tekan "Next" selanjutnya akan muncul layar administrator, isi aja mau dinamain apa komputernya, kalau mau pake pasword tinggal di isi juga paswordnya, lalu tekan "Next" maka muncul layar Date and Time Setting 
  24. Masukan settingan jam dan tanggal, tentukan juga time zone sobat, untuk jakarta : pilih GMT+7 Klik "Next" 
  25. Silahkan tunggu sisa proses instalasinya. 
  26. Selanjutnya akan muncul layar work group or computer Domain
  27. Jika komputer sobat terhubung dengan sebuah domain, maka isikan nama domainnya, tapi jika komputer sobat stand alone, maka pilih radio button yang paling atas, lalu tekan "Next"
  28. Selanjutnya akan muncul display setting, klik "OK" 
  29. Kemudian windows akan mendeteksi tampilan optimal dari PC sobat, Klik "OK" 
  30. Proses instalasi hampir selesai..... selanjutnya akan muncul loading jendela windows 
  31. Sobat akan dibawa masuk ke dalam windows untuk pertama kalinya tekan "Next" 
  32. Selanjutnya akan muncul layar "Help Protect Your PC", pilih "Not Right Now" lalu tekan "Next"
  33. Kemudian komputer akan mengecek koneksi ke internet, pilih "Yes" lalu tekan "Next"
  34. Kemudian akan muncul pilihan aktivasi windows, lalu tekan "Next"
  35. Setelah itu akan muncul tampilan yang menunjukan pilihan untuk menambah pengguna komputer, cukup masukkan satu user kemudian klik "Next"
  36. Proses instalasi windows selesai, selanjutnya muncul layar, klik "finish", maka proses instalasi selesai.....

Langkah-Langkah Install Windows Xp Plus Gambar

Langkah-Langkah Install Windows Xp Plus Gambar

Langkah-Langkah Install Windows Xp Plus Gambar
Langkah-Langkah Install Windows Xp Plus Gambar

Jika dibandingkan dengan cara menginstall windows 7, menginstal windows xp ini memang terlihat lebih sulit dan lebih melelahkan, wajar saja karena versi windows ini memang versi lama jadi belum begitu keren. Meski agak lama dan rumit jika sobat mengikuti langkah demi langkah tersebut mudah-mudahan sobat sukses melakukan instalasi komputer tersebut. Jangan lupa perhatikan gambar demi gambar untuk lebih jelasnya.

Tak lupa saya ingatkan bahwa untuk dapat sukses dalam melakukan instalasi windows tersebut ada beberapa informasi pendukung yang harus sobat siapkan. Informasi pertama misalnya bagaimana cara merubah setting bios, bagaimana menghapus, membuat dan memformat partisi hardisk dan lain sebagainya. 

Sederhanya jika sobat ikuti langkah di atas dengan baik saya rasa akan sukses. Sudah itu saja untuk hari ini, jika ada pertanyaan silahkan hubungi admin melalui halaman contact. Sampai jumpa pada panduan install selanjutnya, selamat mencoba!

Available link for download